Astroturfing di UU ITE

Astroturfing, adalah suatu bentuk kegiatan marketing illegal menurut New York State dengan metode menciptakan review palsu dari konsumen palsu juga seolah-olah merupakan comment/review dari konsumen umum lainnya, dengan memperkerjakan pihak ketiga atau karyawan untuk membuat comment atau review yang sebenarnya berada di bawah kendali pengiklan produk.

 

Contoh kasus dari astroturfing adalah kasus Lifestyle Lift, sebuah perusahaan produk kosmetik dengan teknologi pembedahan yang diselidiki oleh New York State Attorney General’ office pada tahun 2009 (Robert McHale, Esq, 2012). Perusahaan terbukti mengistruksikan karyawannya untuk memposting komentar positif terkait produk mereka dengan menggunakan identitas palsu. Di akhir penyelidikan, Lifestyle Lift membayar denda sebesar USD 300,000.00 kepada New York State.

 

Bagaimana dengan hukum di Indonesia?

 

Pasal 28 ayat 1 jo. Pasal 48 ayat 2 UU ITE menyebutkan bahwa setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik dipidana dengan pidana penjara paling lama 9 tahun dan/atau denda maksimal Rp 3 milyar.

 

Batasan lain diberikan pada Pasal 49 ayat 2 PP PTSE menyebutkan bahwa pelaku usaha wajib memberikan kejelasan informasi tentang penawaran kontrak atau iklan.

 

Beberapa isu yang mengemuka:

 

-frasa “setiap orang” pada UU ITE juga menimbulkan sanksi pidana kepada karyawan (jika pihak ketiga adalah karyawan). Kontradiksi pembelaan dapat terjadi karena karyawan melaksanakan instruksi kerja dari perusahaan. Dalam konteks pidana korupsi, beberapa karyawan dari perusahaan yang dipakai dalam model korupsi juga dipidana dengan dasar Pasal 55 ayat 1 KUHP (penyertaan).

 

-apabila penunjukan pihak ketiga dengan spesialisasi khusus untuk advertising yang didalamnya ada instruksi untuk melakukan astroturfing, apakah kontrak tersebut dapat dibatalkan karena melanggar Pasal 1320 KUHPerdata

 

-teknik pembuktian bahwa ada instruksi dari perusahaan kepada karyawan/pihak ketiga untuk melakukan astroturfing. Hal ini terkait rezim UU Perlindungan Konsumen yang masih terbatas pada “pelaku usaha” terkait/langsung dari produk dan iklan dimaksud.

 

-teknik pembuktian bahwa comment/review tadi dibuat dengan identitas palsu (seolah-olah sebagai konsumen umum yang telah mencoba produk).

 

-rezim pidana dalam UU ITE mensyaratkan adanya “kerugian konsumen” agar perbuatan “menyesatkan” tadi memenuhi unsur. Apakah konsumen yang membeli produk dengan harga pasar dan menerima dan menikmati produk secara nyata dapat dikualifikasikan telah mengalami kerugian.

 

Dalam praktek menjadi tantangan untuk membedakan antara comment/ review tadi masuk dalam kategori endorsement yang diperbolehkan atau sudah merupakan astroturfing. Referensi dari Guide Concerning the Use of Endorsement and Testimonials in Advertising (16 C.F.R. Part 255) memberikan prinsip endorsement di media sosial:

 

  1. Endorsement haruslah benar dan tidak menyesatkan
  1. Jika pengiklan tidak memiliki bukti bahwa penggunaan produk oleh pemberi endorsement atau testimoni (konsumen) belum tentu mencapai hasil/gambaran tertentu, maka iklan produk harus secara tegas menyatakan hasil/gambaran umum yang akan dicapai.
  1. Jika terdapat hubungan bisnis antara pengiklan dengan pemberi endorsement atau testimoni tersebut, maka hubungan tersebut harus secara tegas dinyatakan dalam iklan (misal : brand ambassador, karyawan perusahaan pembuat produk).

Endorsement Guide juga telah memberikan definisi endorsement:

 

any advertising message (verbal statements, demonstrations, depictions of the name, signature, likeness or other identifying personal characteristics of an individual or the name or the seal of an organization) that consumer are likely to believe reflects the opinions, beliefs, findings or experiences or party other than the sponsoring advertiser

Dari lingkup diatas, movie critic yang ditulis di cover DVD film juga termasuk dalam endorsement. Sepatu bola dengan tulisan CR9 juga dapat disebut sebagai endorsement.

Endorsement yang dinyatakan secara tegas sebagai sebuah endorsement tidak termasuk dalam astroturfing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s